Tippi, Gadis Prancis di Hutan Afrika

tippi1Selama ini kita sudah mengetahui kisah Mowgli, si anak hutan, dari film ataupun buku. Dalam kehidupan nyata, ada seorang anak perempuan yang kisahnya mirip dengan Mowgli. Dia bernama Tippi Degré.

Sama seperti kisah Mowgli dalam novel karangan Rudyard Kipling (1894), Tippi bersahabat dengan binatang-binatang di alam bebas, seperti gajah, macan tutul, atau burung unta. Hewan-hewan itu bahkan memerlakukan Tippi sebagai anaknya sendiri. Tippi bisa menari bebas dengan mereka, bahkan menunggangi punggung hewan-hewan itu.mowgli
Momen-momen kebersamaan Tippi dengan binatang-binatang itu diabadikan orangtuanya, pasangan fotografer alam liar asal Prancis, Sylvie Robert dan Alain Degré, saat mereka tinggal di Afrika. Keluarga ini menghabiskan 10 tahun untuk mengelilingi benua ini.

Sylvie, 52 tahun, yang melahirkan Tippi di alam liar Namibia pada 1990 mengatakan, “Putri saya adalah anak yang sangat beruntung. Dia dilahirkan dan tumbuh hampir sepenuhnya di alam liar.”

“Adalah sangat ajaib untuk bisa sebebas ini di alam. Hanya kami bertiga hidup liar dengan binatang dan tidak terlalu banyak manusia,” kata dia.

“Tippi selalu berkata ini adalah hadiah untuknya. Dia ada di benak binatang-binatang ini, menganggap mereka adalah sahabat-sahabatnya,” tambahnya.

Bahkan Tippi berteman baik dengan seekor macan tutul yang jinak, yang disebutnya J&B, dan seekor gajah yang dinamainya Abu.

tippi111tippi41tippi10
Sylvie bersama Alain menuliskan buku yang diberi judul Tippi: My Book of Africa. “Dia tidak memiliki rasa takut. Dia tidak menyadari ukuran dirinya tidak sama dengan Abu dan dia dapat menatap mata gajah itu dan berbicara dengannya,” cerita Sylvie.

Tippi baru berusia 18 bulan saat bertemu Abu. Dan momen itu adalah kenangan yang istimewa. “Persahabatan mereka luar biasa,” ucapnya.

Pada usia dua tahun, Tippi senang berkumpul bersama kawanan gajah, dan dia bisa duduk hingga berjam-jam bersama anak-anak macan, atau menari dengan burung unta.tippi2
Kisah hidup Tippi sama seperti Jungle Book di zaman modern. Jungle Book adalah kisah Mowgli, si anak kecil yang dipelihara dan dibesarkan keluarga serigala di hutan di pedalaman India.

Meski membiarkan anaknya berkawan dekat dengan binatang liar, Sylvie tetap memerhatikan keselamatan putrinya itu.

“Hewan liar akan meninggalkan atau menyerang anda jika mereka merasa takut. Anda harus selalu waspada,” kata dia.

Tippi memang pernah dua kali terluka. Pertama, saat seekor meerkat (sejenis musang atau luwak) menggigit hidungnya. Lalu pada 1994 saat dia berada di air bersama seekor baboon bernama Cindy menyerangnya. “Cindy menggenggam rambut Tippi dan menariknya karena cemburu. Sakitnya tentu luar biasa,” cerita Sylvie.

Keluarga ini lalu pindah ke Prancis pada tahun 2000. Namun, saat keluarga ini kembali ke Afrika pada 2006, Cindy berlari ke arah Tippi dan bermain dengan rambutnya, dan membelainya. “Itu adalah saat yang indah.”

Sekarang, Mowgli Afrika ini telah berusia 18 tahun dan menuntut ilmu perfileman di Sorbonne, Paris.

Tippi saat berusia 12 tahun

Tippi saat berusia 12 tahun

“Putri saya akan selalu menjadi orang Afrika. Dia seperti kisah Mowgli, namun Tippi adalah nyata,” kata Sylvie bangga.

(dikutip dari The Sun)

About these ads

4 comments on “Tippi, Gadis Prancis di Hutan Afrika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s