donna donna

joan-baez.jpg

Lima tahun perang Irak mengingatkan saya pada Joan Baez, musisi lagu balada asal Amerika Serikat. Di usianya yang kini tak lagi muda, Baez beberapa kali terlibat unjuk rasa menentang perang Irak. Salah satu unjuk rasa yang mendapat sorotan dunia adalah saat dia mendatangi ranch Bush di Texas tahun lalu.

Joan Baez, di tahun 1960-an cukup terkenal dengan lagunya “Donna Donna”. Perempuan yang pernah berpacaran dengan musisi Bob Dylan ini memang terkenal dengan sikapnya yang menentang perang. Oya, Bob Dylan pun dikenal sebagai musisi anti-perang.

Berikut lirik lagu Donna Donna yang pernah dinyanyikan Sita RSD di dalam film Gie. Lagu ini juga pernah dinyanyikan Julia (Julile) Rogers.

On a waggon bound for market
there`s a calf with a mournful eye.
High above him there`s a swallow,
winging swiftly through the sky.

Chorus:

How the winds are laughing,
they laugh with all their might.
Laugh and laugh the whole day through,
and half the summer`s night.

Donna, Donna, Donna, Donna; Donna, Donna, Donna, Don.
Donna, Donna, Donna, Donna; Donna, Donna, Donna, Don.

“Stop complaining!” said the farmer,
Who told you a calf to be?
Why don`t you have wings to fly with,
like the swallow so proud and free?”

+ Chorus

Calves are easily bound and slaughtered,
never knowing the reason why.
But whoever treasures freedom,
like the swallow has learned to fly.

+ Chorus

28 tanggapan untuk “donna donna

  1. hey..ini salah satu lagu fave gw loh.hehe. gw punya kasetnya di kaset lagu kenangan indosiar. tapi gw lebih suka versinya sita RSD di gie, ketimbang penyanyi aslinya.

    Suka

  2. yoi, betul….

    apalagi lirik di lirik: “Stop complaining!” said the farmer, Who told you a calf to be?… pesannya bagus…

    Suka

  3. Aku suka banget sama lagu ini karena liriknya sendu dan menyiratkan banyak makna…Btw, Joan Baez itu mirip banget sama cewek aku si Leni. Beneran lho…

    Suka

  4. iya, bahasa lagunya pakai kiasan, tapi maknanya bagus. wah, pasti ceweknya mas patra cantik… lha joan baez aja mudanya cantik…

    Suka

  5. lagu nya punya perasaan bgd…
    menggetarkan hati tiap kali denger nadanya.
    buat iyoh dari liez.

    Suka

  6. ohya,jam 11 malam nanti.qta 8 boelandan,
    happy 8 bln.
    liez sayang thyo,
    jgn lupa dengerin donna-donna yaa.

    Suka

  7. whew…sentimental man typical..hehe. sampe ada bookmark lagunya donna. anyway, gw copy ke blog gw jg 😀 . thx reff nya. visit ya

    Suka

  8. Lagu ini sangatlah bagus. Nada-Nadanya juga sangat enak didengar. Pesan moral dari lagu ini juga sangat penting. lagu ini juga bisa menghilangkan stress karena tipenya melow. AKU SANGAT MENYUKAI LAGU INI!!!

    Suka

  9. waktu itu kira2 tahun 1981an kalo gak salah ada seorang gadis disuruh maju kedepan disuruh nyanyi, sewaktu gadis itu maju ditanya lgu fafvoritnya lagu apa, tanpa menjawab dia langsung menyanyikan lagu ini, kini setelah 29 tahun yang lalu, gadis itu meng add saya dlm fb saya untuk menjadi temen dan saya teringat gadis mungil itu kini telah menjadi seorang ibu yang succes dengan kehidupannya

    Suka

  10. makasih bnyak a daden,,k
    m tlah ngenalin cerita/sejarah soe hok gie n q ska n denger laguny,,pas d film Gie..penyemangat…

    Suka

Tinggalkan komentar